Pengertian Teknologi Benih

Hai teman-teman, setelah kalian tau apa itu ilmu benih.. sekarang adalah saatnya kalian mempelajari lebih dalam tentang benih. Kali ini kita akan bahas tentang teknologi benih.

•. Pengertian Teknologi Benih

      Teknologi benih secara umum adalah teknik dalam memperbaiki susunan atau sifat genetik pada benih. Kegiatan teknologi benih mencakup pengembangan varietas baru, evaluasi dan pelepasan varietas, produksi benih, pengolahan benih, penyimpanan benih, dan sertifikasi benih. Benih dalam bidang agronomi adalah usaha untuk memproduksi benih sebaik mungkin sehingga benih mempunyai nilai ekonomi yang baik.

      Benih sangat penting untuk kepentingan manusia. Karena manusia hidup berdampingan dengan alam. Tanaman adalah tumbuhan yang dibudidaya oleh manusia. kenapa tanaman perlu dibudidaya ?
jawaban simpelnya adalah untuk menjaga ketahanan pangan. Bahkan pangan dapat menguasai dunia, ada pepatah menyebutkan "Siapa yang menguasai pangan, maka dia menguasai dunia''. itulah pentingnya pangan. Maka dari itu, awal dari tanaman atau pangan adalah benih. Jika benih yang ditanam adalah benih yang tidak jelas, maka akan menyebabkan keseimbangan pangan pada suatu wilayah. Itulah kenapa benih penting sekali untuk dipelajari dan diproduksi. Benih diproduksi memiliki banyak sekali fungsi, diantaranya adalah untuk menyeragamkan suatu tanaman pada suatu lahan, sehingga sangat mudah untuk menjual hasil tanaman yang dipanen serentak dan hasilnya semua sama.
    
     Untuk menjadi seorang pengusaha tanaman, maka membeli benih adalah hal yang sangat penting, karena tanpa benih sulit untuk menumbuhkan banyak tanaman yang sama pada suatu lahan. Mengapa benih yang sudah dijual memiliki karakter yang sama ?. Jawabannya adalah karena teknologi benih. Teknologi benih adalah ilmu memperbaiki karakter genetik pada benih, sehingga dibuat banyak benih yang sama. 

  





  Secara agronomis, penggunaan benih berkualitas sangat penting diperhatikan.  Ada empat aspek mutu atau kualitas benih yaitu : aspek genetik yaitu kebenaran varietas dan identitas genetik yang mantap; aspek fisiologis yaitu persentase perkecambahan yang tinggi; aspek fisik yaitu bersih dan bebas dari kontaminan seperti biji gulma, kotoran, cabang dan aspek sanitary yaitu bebas dari hama penyakit.  

   Sekian dulu guys materi tentang ini, semoga bermanfaat.. kalau ada kesalahan ataupun kekhilafan, mohon maaf dan silahkan komentar dibawah ini. 
         

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Teknologi Benih"

Post a Comment