5 Benda Paling Berkuman di Kamar Mandi

Chishikilife - Semua orang tau kalo bakteri memang bertebaran di mana saja, tidak terkecuali di kamar mandi. Kamar mandi atau restroom merupakan salah satu tempat yang paling bakteri suka untuk berkembang biak.


5 Benda paling berkuman di Kamar mandi
5 Benda paling berkuman di Kamar mandi

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita menjaga kebersihan serta mengetahui hal-hal yang dapat membayahakan kesehatan, sehingga anda dapat mencegah diri dan keluarga dari bakteri jahat.

Baca juga : 8 Hal Dalam Rumah Yang Dapat Menganggu Kesehatan Paru-Paru

Dari fakta ini, Beberapa profesor mikrobiologi dari Amerika Serikat akhirnya penasaran dan mencoba mencari tahu, apa aja sih benda di kamar mandi yang paling kotor. Ada 5 Benda Paling Berkuman di Kamar Mandi  yang menjadi tempat bersemayamnya bakteri. Apa saja itu?


1. Kran Air

5 Benda paling berkuman di Kamar mandi

Kran Air berada di peringkat pertama, bahkan di benda ini, banyak bakteri yang bisa berbahaya bagi manusia. Studi yang dilakukan para peneliti di California, Amerika Serikat menemukan bawa kran menjadi tempat favorit bersemayamnya bakteri serta kuman. Kran air ternyata merupakan sumber mikroba yang dapat melepaskan sejumlah bakteri ke udara dan terhirup manusia.

Maka dari itu untuk menghindari penyebaran bakteri, ada baiknya anda selalu mebersihkan kran air secara teratur dengan cairan desinfektan. Setiap selesai menggunakan kran, cuci dan keringkan tangan sebelum menutupnya kembali.

2. Toilet

5 Benda paling berkuman di Kamar mandi

Toilet memang kelihatan yang paling kotor, karena disinilah tempat manusia membuang kotoran atau feses. Meskipun jadi tempat membuang kotoran saya tempatkan di nomor 2. 

Namun, jangan biarkan toilet terbuka dan pastikan kamu menutupnya saat memencet tombol flush atau yang toiletnya duduk diharapkan disiram sebanyaknya hingga bersih.

Hal ini untuk menghindari penyebaran bakteri pada benda-benda di sekitarnya.Meskin toilet umum pria sering terlihat jorok, sebenarnya toilet wanita mengandung bakteri dua kali lebih banyak di banding toilet pria. 

Itulah penyebab kenapa seorang wanita menghabiskan waktu yang lebih lama di toilet dibanding pria.

 3. Handuk

5 Benda paling berkuman di Kamar mandi

Sangat disarankan untuk tidak meletakkan atau menyimpan handuk di dalam kamar mandi. 

Kenapa gitu ? 

Karena suhu kamar mandi yang lembab dapat merangsang pertumbuhan bakteri e-coli yang berbahaya bagi perut manusia, bakteri ini biasa menghinggap di handuk anda setelah kita menyeka badan kita.

Biasakan untuk menjemur handukmu setelah dipakai. Banyaknyaknya kuman pada handuk, bukan berarti anda harus segera membuangnya.

Selama bersih, handuk dapat kita gunakan dari lima sampai sepuluh tahun hingga menipis, asalkan anda mau rutin membersihkannya sehingga tidak ada kuman yang bersemayam di handuk anda.

4. Sabun

5 Benda paling berkuman di Kamar mandi

Bukan rahasia umum lagi jika lantai kamar mandimu terdapat zat sisa penguapan urin dan feses. Dan kebanyakan dari kita cenderung untuk mengabaikan hal tersebut, karena anda pasti akan cuci tangan setelah selesai segala urusan di kamar mandi seperti saat mencuci tangan saat sebelum atau sesudah makan.


Tempat anda meletakkan sabun sangat jarang dibersihkan dan disentuh oleh banyak orang selain anda, sehingga menyebabkan bakteri dan kuman berkembang biak di sela-sela tempat sabun dan di “remahan” sisa sabun hingga berpindah ke sabun anda.

5. Sikat Gigi


5 Benda paling berkuman di Kamar mandi

Yup Sikat Gigi. Sikat gigi yang sering kita gunakan untuk membersihkan gigi merupakan salah satu benda yang paling kotor di bandingkan dengan dudukan toilet. 

Setiap sikat gigi pasti mempunyai bakteri, namun sebenarnya bakteri ini adalah bakteri kamu sendiri dan sebagian besar tidak merugikan kamu.

Rata-rata sikat gigi mengandung 10 juta mikroba, termasuk bakteri dan virus flu. Jadi jangan letakkan sikat gigi milik semua anggota keluar dalam satu tempat. 

Kalau anda asal-asalan menyimpan sikat gigimu, seperti jatuh kelantai, menempel ke sikat gigi orang lain, menempel ke dinding, atau kelalaian yang lainnya bakteri atau virus yang ada akan berpindah ke sikat gigi anda. Maka dari itu simpan sikat gigimu dengan baik.

Sangat penting bagi kita untuk tidak mengabaikan hal- hal yang ada diatas. Sehingga anda terhindar dari bakteri atau virus yang dapat menyebabkan penyakit. Demikianlah artikel singkat kali ini semoga bermanfaat bagi anda.

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "5 Benda Paling Berkuman di Kamar Mandi"

  1. Berkuman tapi sering di pake ya gan.

    ReplyDelete
  2. Hehe bener banget gan. Tapi asal rajin dibersihkan resiko penularan kuman dari hal" yg ada di atas akan berkurang.

    ReplyDelete
  3. tq gan ane jadi tau benda yang berkuman heheh semua benda itu masih ane gunakan gan

    ReplyDelete
  4. waduh bahaya juga gan hehehe maksih infonya

    ReplyDelete
  5. tanpa ada Closed dunia terasa hampa :D kalo yang lain masih bisa diatasi

    ReplyDelete
  6. Ternyata barang yan sering saya sentuh :v

    ReplyDelete
  7. sabun bukanya jadi yang bersih iya gan ? kan itu buat ngbersihin bakteri

    ReplyDelete
  8. paling ngeri handuk sama sikat gigi :D

    ReplyDelete
  9. hehe bener banget bnyak kumannya, tapi bisa mati kalo pake anu hehe, thanks infonya gan

    ReplyDelete
  10. ternyata kran bahaya juga gan, baru tau ane... keren nih artikelnya hehehehehe

    ReplyDelete
  11. Serem juga ya sikat gigi mengandung 10 jt mikroba, ada virus flu juga,
    kalo Q nyasatin nya sikat gigi slalu ada tutup nya hehe..
    nyimpen nya pun di gantung di paku hehe..

    good artikel bro :D

    ReplyDelete
  12. sabunn???
    wwkwkkwkw
    padahal itu benda yang paling sering eheeem dah/..
    gak nyangka masuk benda paling berkuman..
    ampun dah

    ReplyDelete