Kesalahan Yang Perlu Kita Hindari Saat Mengatur Keuangan

Banyak diantara kita yang pasti mengalami masalah dalam mengatur keuangan, termasuk juga saya yang sebagai anak kos harus pandai mengelola keuangan agar dapat bertahan hidup. Kemampuan dalam mengatur keuangan dengan baik dan efektif, tentu menjadi hal yang harus diterapkan. Namun tidak sedikit beberapa orang juga yang kesusahan dalam mengatur keuangan mereka.

Kesalahan Yang Perlu Kita Hindari Saat Mengatur Keuangan

Masalah mengatur keuangan memang memiliki banyak faktor, entah faktor karena pengelolaannya ataupun faktor tak terduga. Mungkin kita menyepelekan hal-hal mendasar yang bisa mengakibatkan kesalahan dalam mengatur keuangan seperti dibawah ini :

1. Malas Mencatat dalam Mengatur Keuangan

Adakah diantara agan agan yang berfikir "pentingkah mencatat keuangan?" setelah membaca poin ini? Kita sering melupakan pengeluaran pengeluaran sepele, seperti beli pulsa yang kadang berlebihan, atau membeli bensin atau buku dan lain lain. Hal hal seperti ini  yang membuat kita lupa diri dan akhirnya merusak keuangan kita.

Namun ada cara jitu untk melacak kemanakah uang agan pergi,yaitu trik "amplop". Coba agan gunakan 1 amplop saja untuk pengeluaran agan seminggu.dan dengan cara itu agan bisa mengetahui berapa uang yg agan habiskan dalam seminggu. Dari itu agan bisa membatasi pengeluaran agan sebanyak uang yang terdapat dalam amplop.

2. Tidak Punya Waktu dalam Mengelola Keuangan

Coba anda luangkan waktu entah pada saat liburuntuk mengatur keuangan anda. Isi kegiatan ini, dari membayar tagihan listrik, mencatat pengeluaran serta pemasukan dalam pembukuan selama seminggu ini. Ini adalah kebiasaan yang mesti anda biasakan.

Mengapa?

Jika anda semakin menunda kebiasaan ini, anda akan semakin sulit untuk menjadikan pembukuan keuangan sebagai kebiasaan anda sehingga dapat mengatur seluruh transaksik keuangan.

3. Tidak Memikirkan Cara Pengolahan Uang Lain

Banyak cara kita untuk mengatur keuangan lainnya, contoh seperti berinvestasi dengan cara asuransi, berinvestasi dengan emas dll. Berinvestasi cukup penting untuk kita apabila terjadi sesuatu yang mendadak.

Mengapa?

Jika suatu saat agan kecelakaan dan diharuskan dirawat di rumah sakit, terlebih biaya yang harus dikeluarkan sangat besar. Dengan kita menggunakan asuransi kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menanggungnya dan hal itu tidak akan merusak keuangan kita.

4. Ngutang

Pasti banyak dipikiran orang orang kalau mendengar kata "utang" pasti sudah men-judge bahwa utang itu buruk dan di cap negatif.Tapi jangan salah, dengan utang kita bisa melanjutkan sekolah, bisa membeli apartemen yang kemudian  dapat kamu sewakan (sehingga pembayaran sewa bisa digunakan untuk membayar cicilannya), bahkan bisa menyediakan modal usaha untuk kita.

Takut berutang kadang-kadang bisa membuat kita kehilangan kesempatan. Namun terlalu banyak berutang, apalagi jika utang tersebut melebihi kemampuan kita untuk membayar cicilannya malah bisa mengakibatkan kekacauan dalam kondisi keuangan kita.

Intinya, utang tidak akan menghancurkan hidup seseorang jika kita bisa memanfaatkannya karena kesuksesan tidak akan tercapai kecuali anda mau mengambil resiko.

Demikianlah beberapa kesalahan dalam hal mengatur keuangan, memang mengatur keuangan bukan merupakan pekerjaan yang mudah dilakukan, perlu ketelitian dalam mengaturnya dan tidak semua orang bisa melakukannya. Mudah mudahan kesalahan kita dalam mengatur keuangan dapat teratasi.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Kesalahan Yang Perlu Kita Hindari Saat Mengatur Keuangan"

  1. Ini artikel sesuai dengan kebiasaanku gan.. thanks sarannya .. coba ane lakukan.. nice artikl

    ReplyDelete
  2. Sama-sama.Terima kasih uda mampir :)

    ReplyDelete
  3. Cara yang ke-3 lumyan hampir sama dengan karakter saya gan.
    Hehehehe

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah, masih bisa menjaga dari terlilit hutang.

    ReplyDelete
  5. Kesalahan paling fatal ya kenapa uangnya dipake coba uangnya dikubur hidup-hidup pasti awet hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bisa di coba tuh gan. Mana tau uangny bisa tumbuh jadi pohon duit

      Delete