Tips Merawat Motor Agar Selalu Prima

Motor merupakan kendaraan yang digunakan manusia untuk banyak hal mulai dari sekolah, ngampus, ngantor, nganterin emak ke pasar, sampe nganterin pacar (sorry ya yang jomblo hehe soalnya mimin juga) dan banyak lainnya.

Tips Merawat Motor Agar Selalu Prima

Namun, akan menjadi hal yang sangat menjengkelkan apabila motor kesayangan kita yang sering digunakan mengalami kerusakan apalagi kalau mogok di perjalanan bisa panjang urusannya nih. Nah karena itulah mimin mau kasih tips cara merawat motor agar kondisinya selalu prima.

Kita harus memperhatikan semua bagian-bagian motor tersebut secara berkala dan tips ini bisa kita lakukan sendiri dirumah. Oke langsung aja gan tipsnya seperti yang dibawah ini.

1. Periksa Kondisi Ban


Bagian pertama yaitu ban. Ban merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor kalau enggak ada bisa agan bayangin sendiri deh hehe. Kita harus senantiasa memeriksa tekanan ban jangan sampai kempes karena jika ban kempes dan dipaksa untuk digunakan maka akibatnya akan fatal yaitu dapat menyebabkan ban menjadi bocor dan juga bisa robek. Tekanan Ban juga gak boleh terlalu keras yah gan.

Tekanan ban ideal berkisar diantar 29 psi buat ban depan dan 33 psi buat ban belakang. Tetapi jika tidak ada alat untuk mengukurnya bisa kita pencet aja bannya sesuai dengan feeling yang pas. So, jika mau pergi periksa tekanan dulu yah gan. Kan engga seru kalau harus singgah ke tambal ban terlebih dahulu.

2. Cek dan Bersihkan Busi


Bagian selanjutnya yaitu busi yang merupakan alat yang berfungsi mengeluarkan api untuk membakar uap bensin didalam mesin sehingga menghasilkan tenaga. Nah ada kalanya busi juga bisa mengalami masalah seperti brebet bahkan motor tidak bisa hidup karenanya.

Untuk mengatasinya kita bisa mengeceknya dengan membukanya dengan kunci busi setelah itu kita dapat membersihkannya dengan brush gan. Apabila setelah dibersihkan busi juga tidak bekerja dengan baik yah mau engga mau kita harus menggantinya dengan yang baru gan.

3. Cek Kondisi Aki


Lanjut ke bagian berikutnya ada yang namanya aki atau sering juga disebut dengan batre nih gan. Aki berfungsi sebagai sumber energi listrik pada motor. Nah ada dua macam tipe aki nih gan aki basah dan aki kering.

Perbedaannya yaitu kalau aki kering tidak perlu perawatan lagi sedangkan aki basah ini perlu perawatan. Jika motor agan memakai aki basah diperlukan pengecekan pada air aki (jika kurang kita harus menambahnya sesuai kebutuhan aki).

Apabila air pada aki habis maka akan menyebabkan aki tidak berfungsi secara maksimal bahkan bisa menyebabkan aki menjadi rusak. Jadi cek selalu kondisi aki yah gan (y).

4. Periksa Filter Udara


Bagian yang terakhir yaitu filter udara. Sesuai namanya ini berfungsi untuk menyaring udara (O2) yang akan masuk kedalam mesin dan bergabung dengan bensin untuk menjadi uap dalam proses pembakaran. Nah adakalanya filter ini menjadi kotor yang ditandai dengan warna filter menjadi gelap karena banyak abu didalamnya.

Jika begini kita dapat membersihkannya (jika masih memungkinkan) dengan cara menggosok menggunakan sikat atau pun menyemprotnya. Tetapi sebaiknya jika sudah sangat rusak lebih baik menukarnya dengan yang baru yah gan.

Nah mungkin ini saja yang dapat mimin share ke agan semua. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan motor kita senantiasa dalam kondisi prima, kencang seperti Valentino Rossi (lah sih mimin mulai ngacok hehe). Oke deh gan terimakasih yah udah sempetin waktu buat singgah sampai jumpa di postingan selanjutnya gan.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Tips Merawat Motor Agar Selalu Prima"