Pemuliaan Tanaman

Sebelumnya kita sudah membahas tentang Ilmu pertanian secara umum, sekarang saatnya kita membahas lebih dalam tentang ilmu pertanian.

      Pemuliaan tanaman adalah perpaduan antara seni dan ilmu  dalam merakit keragaman genetik suatu populasi tanaman menjadi lebih baik atau unggul  dari sebelumnya. Peningkatan kemampuan tanaman adalah usaha untuk memperbaiki karakter tanaman agar diperoleh tanaman yang lebih unggul. Usaha ini  disebut pemuliaan tanaman.

      Pemuliaan tanaman adalah memperbaiki gen tanaman menjadi lebih unggul dari sebelumnya sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat jika dikaitkan dengan sosial. Contohnya nih guys, pada suatu daerah, tanaman padinya sangat lama panennya dan mudah mati jika tidak diberi air. Oleh karena itu, seorang pemulia  tanaman harus berinisiatif untuk  menciptakan varietas baru dengan mengubah gen padi tersebut. Banyak cara memuliakan tanaman, diantaranya adalah hibrida, mutasi, fusi protoplas, dan transformasi genetik. Cara yang umum digunakan seorang pemulia tanaman adalah dengan mengawinkan tanaman satu dengan tanaman yang lain (mempunyai kelebihan). Cara ini sangat umum digunakan walaupun mungkin membutuhkan waktu yang lumayan lama karena masih  ada hal yang dilakukan yaitu uji multilokasi. Selain itu, yang membuat lamanya adalah karena untuk mendapatkan varietas baru, tidak bisa hanya dengan sekali kawin saja, tapi bisa saja hal itu dilakukan sampai 6 atau 7 kali perkawinan untuk mendapatkan varietas baru unggul yang homogen. Maksud homogen adalah semua yang ditanam akan mendapatkan kesamaan hasilnya. 


Gambar 1. Semangka berbentuk persegi.

    Kini pemuliaan tanaman di Indonesia sudah sangat maju. sekarang sinar gamma sudah dimanfaatkan untuk pemuliaan tanaman. Contohnya padi, sinar gamma ditembakkan ke benih padi sehingga masuk kedalam dan merusak gen pada padi tersebut. Eitss, gen pada suatu makhluk hidup mempunyai sesuatu yang unik yang dinamakan  "DNA Repair". setelah gen pada padi dirusakkan, maka  DNA Repair akan bekerja untuk membentuk DNA baru pada padi tersebut. Gen pada  padi tersebut tidak akan  berubah, hanya saja yang berubah adalah susunannya. Bisa kita ibaratkan seperti kain yang sudah di robek-robek, lalu kita jahit kembali secara acak, sehingga susunannya tidak sama seperti kain awalnya.

        Banyak sekali hasil pemuliaan tanaman yang unik. Contohnya, semangka tanpa biji, Semangka berbentuk persegi, Kacang panjang ungu, Tomat berbentuk pir, Tanaman bercahaya  dan masih banyak lagi hal-hal unik yang dihasilkan seorang pemulia.


Oke guys, itu  dulu artikel tentang pertanian bidang pemuliaan tanaman, tunggu update selanjutnya..


:) :)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pemuliaan Tanaman"