Ilmu Pertanian

Ilmu pertanian adalah ilmu  yang mempelajari tentang tanaman, baik itu morfologi  tanaman, fungsi, dan lainnya yang berhubungan dengan tanaman. akan tetapi belajar pertanian juga belajar tentang hewan, contohnya belajar tentang hama dan penyakit seperti penyakit pada daun, batang yang disebabkan oleh hewan ataupun mikroorganisme.

1. Pengertian Ilmu Pertanian
Secara etimologi Pertanian, berasal dari kata AGRICULTURE, dimana AGER artinya lahan atau tanah dan CULTURA artinya memelihara atau menggarap. Menurut A.T. Mosher, Pertanian adalah suatu jenis kegiatan produksi yang dilandasi oleh proses pertumbuhan tanaman dan hewan ( https://sayangpetani.wordpress.com/2011/03/19/mata-kuliah-ilmu-pertanian-umum/).

Gambar 1. Sawah




Pertanian bukanlah hanya sekedar memegang cangkul, menyiram, menanam. Akan tetapi, pertanian adalah sesuatu yang sangat indah yang mencakup seni, produksi, ekonomi, sosial, dan manajemen. Tanpa ilmu pertanian, maka suatu negara bisa menjadi tidak makmur akibat kurangnya ilmu memanajemen ekonomi. Perlu anda ketahui, "siapa yang menguasai pangan, maka akan menguasai dunia". Begitu pentingnya ilmu pangan atau pertanian sampai bisa menguasai dunia. Semua manusia di bumi ini butuh makan dan butuh minum. Makan dan minum berasal dari pertanian ataupun peternakan. Tanpa ilmu pertanian, tumbuhan dan hewan tidak bisa diolah dengan baik menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi. Bahkan Ilmu pertanian sudah dikenal sejak zaman dahulu. 

Ilmu  pertanian bidang Agroteknologi mencakup tiga bidang, yaitu : Agronomi, Pemuliaan Tanaman, dan Hortikultura.

Berikut dibawah ini adalah penjelasan mengenai ketiga bidang tersebut secara umum. jika ingin tau lebih luas, silakan baca di slide lain blog ini :) .

1. Agronomi
     Bidang agronomi adalah bidang pertanian yang mempelajari tentang meningkatkan lahan pertanian, meningkatkan produksi yang terkait dengan ekonomi pertanian. Contohnya adalah meningkatkan produksi pertanian dengan mengolah lahan secara baik, pemberian pupuk yang sesuai, membuat jarak tanam dan sebagainya.

2. Pemuliaan tanaman
           Bidang Pemuliaan tanaman adalah bidang pertanian yang paling terpuji diantara bidang pertanian lainnya. Akan tetapi, bidang ini adalah bidang yang paling susah dipelajari, karena bidang pemuliaan tanaman adalah bidang yang aspeknya paling banyak dipelajari dibandingkan bidang  lainnya. pemuliaan tanaman bertujuan untuk menemukan varietas baru sesuai yang akan dibutuhkan masyarakat. pemuliaan tanaman juga bertujuan untuk menemukan varietas baru yang unggul, terkait dengan warna, bentuk, ukuran, rasa, dan lain2. Ilmu pemuliaan adalah ilmu yang menggabungkan seni dan  ilmu dalam merakit genetik dengan tujuan menemukan varietas baru yang unggul. Semangka tanpa biji merupakan salah satu hasil dari ilmu  pemuliaan tanaman.

3. Hortikultura
           Hortikultura bisa dibilang adalah ilmu yang mempelajari tentang budidaya perkebunan. Ilmu hortikultura adalah cabang dari agronomi. Tapi, hortikultura berbeda dengan agronomi, hortikulura memfokuskan pada tanaman buah-buahan, ataupun sayur-sayuran. Ciri khas produk tanaman hortikultura adalah tanaman yang bersifat persilabel atau produknya mudah rusak karena segar. Seni pada ilmu hortikultura adalah ilmu arsitektur lanskap.















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu Pertanian"

Post a Comment