Cara Menghindari Kanker (Kantong Kering) Bagi Mahasiswa


Sumber : brilio.net
Bagi sebagian orang-orang mungkin 4 tahun adalah waktu yang cukup lama untuk dilalui, tetapi bagi seorang mahasiswa seperti saya itu merupakan waktu yang sangat panjang untuk dilalui, apalagi yang 4 tahun belum selesai masa studinya, makin menderita tuh. Banyak kenangan, banyak penderitaan dan banyak pembelajaran yang kita peroleh selama menempuh pendidikan di bangku kuliahan, walau lebih banyak gak enaknya.

Menjadi mahasiswa dengan tingkat ekonomi yang menengah kebawah atau pas-pasan memang sangat banyak sekali cobaannya, apalagi yang berhubungan dengan masalah keuangan itu sudah menjadi masalah hidup sehari-hari.

Seorang mahasiswa itu harus pandai dalam menghemat uang selama diperantauan, sebab uang seribu rupiah maupun uang lima ratus rupiah pun akan sangat berarti bagi seorang mahasiswa.
Sebagian besar mahasiswa akan mengalami masa-masa ketika ketidak memiliki cukup uang untuk hidup, disinilah mereka belajar bagaimana bertahan hidup hingga awal bulan. Berikut ini Tips dan Cara Menghindari Kanker (Kantong Kering) Bagi Mahasiswa :

1. Menabung

Menabung adalah hal mudah tetapi memberatkan untuk dilakukan. Menabung beberapa persen uang kiriman dari orang tua tiap bulan adalah jalan terbaik untuk berhemat, anda bisa memulai dengan membeli sebuah celengan yang sulit untuk dikeluarkan sebagai tempat penyimpanan uang kamu.
Salah satu penyebab mahasiswa kena kanker adalah karena tidak memiliki tabungan walau sedikit. Ketika anda rajin menabung, anda tidak akan pusing jika ada kebutuhan mendesak datang , karena anda memiliki cadangan uang yang dapat di gunakan saat itu.

2. Berpuasa

Berpuasa sunnah selain dapat menghemat uang kamu juga dapat pahala Dari Allah SWT . Sebaiknya kamu berpuasa senin-kamis sesuai sunnah dalam islam. Aktivitas di kampus biasanya padat dari pagi sampai sore, mulai dari aktivitas penting seperti kuliah dan aktivitas tidak penting seperti nongkrong gak jelas di kampus, jadi sepulang dari kampus kamu bisa langsung berbuka puasa.

3.  Berolahraga

Berolahraga membuat badan jadi sehat dan tidak sakit-sakitan. Kalau kamu sakit otomatis akan menguras dompetmu untuk membeli obat-obatan. Jangan pernah gengsi untuk berjalan kaki ke kampus bagi yang kos atau kediamannya dekat dengan kampus, sebab jalan kaki baik untuk kesehatan.


4. Berhenti Merokok

Bagi kamu perokok mulailah untuk menajauhi kebiasaan merokok. Merokok adalah sebuah aktivitas yang dapat menyebabkan kamu terkena penyakit kanker. Zat nikotin yang terkandung di dalam dapat membuat kamu tagihan untuk terus membelinya.
Walau harga sebatang rokok itu hanya 500 perak, tapi jika dikalikan banyak maka harga rokok itu juga menjadi mahal. Jika kamu sudah terlanjur kecanduan merokok maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

5. Bawa uang secukupnya

Kekampus itu jangan sok-sokan, sebaiknya bawa saja barang-barang yang penting ke kampus demikian pula dengan uang. Berapapun uang yang kamu bawa di dalam dompetmu pasti akan cepat habis.
Olehnya itu , sebaiknya bawa saja uang seperlunya seribu-atau 2 ribu rupiah. Uang yang kamu bawa tersebut jangan lagi digunakan untuk membeli rokok tetapi sebaiknya gunakan untuk bersedekah kepada siapa yang kamu temui di jalan.




Itulah  Tips dan Cara Mengehemat Uang Bagi Mahasiswa. Semoga semua mahasiswa di Indonesia tidak lagi mengalami kantong kering (kanker).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghindari Kanker (Kantong Kering) Bagi Mahasiswa "

Post a Comment